Pages

Thursday, January 29, 2015

Cara Mengubah Icon Dan Deskripsi File .exe Dengan ResHacker


Pada kesempatan kali ini kita akan coba untuk mengubah icon dan deskripsi file berextensi .exe dengan menggunakan software Resource Hacker atau ResHacker. Kalau teman – teman belum memiliki software nya bisa kalian download disini.
Apakah Resource Hacker Itu?
Resource hacker adalah sebuah software freeware yang berfungsi untuk mengedit file yang tidak dapat di buka oleh program-program biasa, seperti file dengan extensi (.dll, .exe, .cpl dan masih banyak lagi).
Software ini sangat membantu dalam melakukan modifikasi-modifikasi yang dilakukan pada sistem operasi Windows. Misalnya kita ingin mengganti kata “Refresh” menjadi “Segarkan”. (sumber : http://orang-it.blogspot.com/2010/03/dasar-dasar-resource-hacker.html)

Oke deh, pertama – tama kita siapkan dulu yak icon yang nanti ingin kita pasang. Pada kesempatan kali ini, saya akan mengubah icon bawaan dari Flash Player untuk saya ganti dengan icon yang telah saya buat sebelumnya. 

Icon Flash Player akan saya ganti dengan icon yang telah saya buat.
Untuk tutorial membuat icon bisa teman – teman lihat disini. Atau jika teman – teman ingin menggunakan Icon saya diatas, bisa teman – teman download disini.
  1. Download dulu software ResHacker nya disini.
  2. Extract file yang baru saja kita download tadi dengan menggunakan WinRar. Bagi teman – teman yang belum memiliki WinRar bisa didownload disini.
  3. Buka hasil extract nya, lalu jalankan softwarenya dengan mengklik kanan file ResHacker > Run As Administrator. 
  4. Setelah software terbuka, klik File>Open, lalu carilah file .exe yang akan kita ubah icon nya. 
  5. Sebagai contoh saya akan mengubah icon pada Media ESQ. exe yang ada pada komputer saya. Lalu, Klik Open. 
  6. Nah sekarang tampilan interface software sudah sedikit berubah… 
  7. Di Toolbar bagian atas Klik menu Action>Replace Icon … 
    Pada Select icon to replace pilih 200, lalu klik Open file with new icon … cari dan pilih lah icon yang teman – teman inginkan.
  8. Jika sudah klik Replace. 
  9. Nah sampai disini kita telah sukses untuk mengubah icon file .exe nya, dan jangan lupa kita save dulu ya.. klik File>Save 
  10. Gunakan cara yang sama dengan nomor 7 dan 8 untuk mengganti icon pada Icon 202, 203, 204, 205, dan 608. Jika sudah, klik File>Save
  11. Jika sudah, Restart lah komputer teman – teman terlebih dahulu, lalu perhatikan apa yang terjadi.
  12. Yup, sudah berubah bukan. 
    Untuk file Original nya bisa teman – teman delete
  13. Nah, sekarang saatnya kita ubah deskripsi dari file kita. 
    Rencananya Adobe Flash Player 10.0 r2 akan saya ganti dengan Multimedia Pembelajaran, sedangkan Adobe Systems, Inc. akan saya ganti dengan Universitas Negeri Yogyakarta
  14. Begini caranya, buka software ResHacker nya kembali (seperti pada cara nomor 3), lalu Open file .exe yang akan kita ganti deskripsi programnya (seperti pada cara nomor 4 dan 5)
  15. Pada panel bagian kiri, klik Version Info > 1 > 1033 
  16. Disebelah kanan panel, pada VALUE “CompanyName” ubah “Adobe System, Inc.” dengan “Universitas Negeri Yogyakarta”. Lalu ubah juga VALUE “FileDescription”, menjadi “Multimedia Pembelajaran”. 
    Lalu klik Compile Script
  17. Jika sudah kita simpan dengan file berbeda (Jika sama maka tidak akan deskripsi tidak berubah). File>Save As
  18. Ubah File name  menjadi “Media.exe” (tanpa tanda petik) 
  19. Lalu, perhatikan apa yang terjadi 

Oke deh, cukup sekian ya Tutorial Cara Mengubah Icon Dan Deskripsi File .exe Dengan ResHacker. Bagi teman – teman yang belum memiliki softwarenya bisa didownload disini.
Semoga bermanfaat.


6 comments:

  1. SMS GRATIS GAN TANPA PUNGUT BIAYA.. KUNJUNGI DULU PILIH YANG TRIAL.. http://smsgratisalloperator.tk/ lebih enak jadi member premium sms tanpa terbatas ke semua operator

    ReplyDelete
  2. Kalau jenis filenya xlms bisa dirubah gak gan pke aplikasi itu? Trus file yg lain yg sejenis ikutan brubah g?

    ReplyDelete