Pages

Thursday, February 5, 2015

Cara Membuat Efek Halftone Dengan Corel Draw


Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang Cara Membuat Efek Halftone Dengan menggunakan Corel Draw. Yaaa~~ kira – kira project yang akan kita buat nampak seperti gambar diatas itu lah.. heheh. Yang jelas, software utama yang kita butuhkan disini tentu saja ialah Corel Draw. Untuk linknya silahkan temen – temen bisa browsing yaa.. atau bisa pinjam di persewaan CD Software terdekat. Hehe. (referensi saya, temen – temen bisa download software gratis di gigapurbalingga.com)

Ok langsung saja ya.


  1. Buka Corel Draw nya, lalu buatlah dokumen baru (Create a New Document). Disini saya menggunakan Corel Draw X6 tapi bagi teman – teman yang menggunakan versi dibawahnya juga tidak masalah. 
  2. Pertama – tama, kita buat tulisan “Arsenal” nya terlebih dahulu. Untuk fontnya bisa bebas, tapi disini saya menggunakan font Clear Gothic, untuk size nya bisa menyesuaikan, dan diberikan warna dengan warna merah. (Jika teman – teman ingin mendownload font Clear Gothic bisa teman – teman download disini
  3. Sekarang kita buat kotak / persegi panjang dengan warna hitam (baca : Kotak Hitam) dengan menggunakan Rectangle Tool (terdapat pada tool panel disebelah kiri layar). Setelah kita buat kotaknya lalu kita posisikan agar kotaknya dapat menutupi seperempat - setengah bagian dari tulisan Arsenal tadi (lihat gambar dibawah). Oh iya, jangan lupa ya untuk menghilangkan outline dari persegi panjangnya. 
  4. Ok, langkah selanjutnya, klik pada Kotak Hitam, lalu buka menu Bitmaps > Convert to Bitmap … 
    Kita Convert kotak hitam kita tadi dengan menggunakan Resolusi 300 dpi dengan Color Mode gunakan RGB Color (24 bit), OK
  5. Masih dalam posisi Kotak Hitam aktif (diklik), sekarang kita berikan efek Blur. Bukalah menu Bitmaps > Blur > Gaussian Blur … Lalu teman – teman dapat memasukkan nilai Radius dengan nilai 40 Pixels. OK 
  6. Nah, sekarang pada bagian tepi  Kotak Hitam sudah tampak memudar/ngeblur kan? (Maaf tidak saya sertakan screenshootnya). Ok Lanjut, masih dalam posisi kotak hitam aktif, kita buka menu Bitmaps > Color Transform > Halftone … teman – teman bisa menggunakan setting an seperti gambar dibawah ini :
    OK
  7. Sekarang Kotak Hitam telah diberikan efek Halftone. Kita bisa melihat bulatan – bulatan yang mengelilingi Kotak Hitam. Iya kan? (maaf tidak saya sertakan screenshoot semoga kreasi temen – temen bisa sesuai yang saya harapkan). Lanjut aja deh pokoknya, masih dalam posisi Kotak Hitam aktif, buka kembali menu Bitmaps > Convert to Bitmap … 
    Ubah Color mode dengan Black and White (1-bit) dengan Resolution 300 dpi. (Hal ini kita lakukan agar nantinya efek Halftone kita dapat kita beri warna sesuai dengan keinginan kita)
  8. Jika sudah, posisikan Kotak Hitam agar berada dibelakang tulisan Arsenal. Dengan cara, klik kanan pada Kotak Hitam > Order > To Back Of Page 
  9. Selanjutnya, kita warnai Kotak HItam dengan cara klik pada Kotak Hitam, lalu pada pallete warna disebelah kanan temen – temen dapat mengikuti petunjuk pada gambar dibawah ini : 
  10. Seteleh itu, kita seleksi semua objek yang telah kita buat tadi (Klik pada text Arsenal dan Kotak Hitam) 
  11. Nah, nanti akan muncul Tools di atas Layer. Temen – temen dapat menggunakan menu Intersect untuk memotong Kotak Hitam agar sesuai dengan pola text Arsenal. 
  12. Setelah itu posisikan text Arsenal agar berada pada bagian paling bawah layer. Klik kanan pada text Arsenal > Order > To Back of Layer 
    (Untuk bagian Kotak Hitam yang tidak terseleksi bisa kita delete)
  13. OK lanjut, sekarang kita berikan outline pada text Arsenal dengan menggunakan Contour. Caranya, klik pada text Arsenal lalu gunakan menu Contour pada panel tools di sebelah kiri layar. (lihat gambar dibawah) 
    Isikan nilainya sesuai dengan gambar dibawah ini : 
  14. Hasilnya, 
  15. Nah, selanjutnya kita buat backgroundnya. Cara nya hampir sama pada saat kita membuat Kotak Hitam. Klik kiri 2x pada menu Rectangle Tool yang berada pada panel menu disebelah kiri layar. (Ingat ya.. di klik kiri nya 2x.. hehe) Lalu kita beri warna dengan warna merah 
  16. Selanjutnya berikan gradasi pada background yang telah kita buat. Klik backgroundnya, lalu gunakan Interactive Fill yang berada pada panel tools di sebelah kiri layar. 
    Teman – teman dapat memberikan gradasi warna dengan settingan seperti dibawah ini : 
  17. Hasilnya, warna background dari sebelah kiri ke kanan akan bergradasi warna dari merah menuju putih
  18. Sekarang kita beri efek Halftone nya, klik Backgroundnya, lalu buka menu Bitmaps > Convert to Bitmap … Masukan sesuai dengan nilai pada gambar dibawah ini : 
  19. Jika sudah, masih pada Background dalam posisi aktif, klik menu Bitmaps > Color Transform > Halftone. Masukkan sesuai dengan nilai pada gambar dibawah ini : 
  20. Masih dengan Background dalam posisi aktif, masuk kembali pada menu Bitmaps > Convert to Bitmaps … Lalu ubah Color Mode menjadi Black and White (1-bit) dengan Resolution 50 dpi. OK 
  21. Done! Untuk pewarnaannya kita dapat menggunakan Pallete Color seperti pada cara di poin nomor  9. Untuk pewarnaan Backgroundnya temen – temen dapat melakukan dengan cara klik kiri mouse pada pallete warna hitam, lalu klik kanan pada pallete warna merah. Dan hasilnya kurang lebih akan tampak seperti ini : 
Oke deh, cukup sekian tutorial Cara Membuat Efek Halftone Dengan Menggunakan Corel Draw. Jika teman – teman membutuhkan softfile dari materi yang telah saya sajikan ini, teman – teman dapat mengunduhnya disini.
Semoga dapat bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment